Selasa, 22 Maret 2011

DASAR


Puasa islami berdasarkan petunjuk qur'an dan hadist,diluar itu untuk muslim boleh di katakan kurang bagus sebab ada kesan ke arah klenik atau ke elmuan sebab berbeda baik cara maupun waktunya.

Dasar petunjuk puasa di antaranya :
Surat albaqoroh ayat 183 :
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Disini buat orang mu'min baik wajib maupun sunnah di laksanakan seperti halnya melaksanakan puasa wajib,dasar-dasar puasa sunnah adalah :
-Puasa 6 hari di bulan syawal :
dari abbu ayyub : Rosululloh saw. telah bersabda : Barang siapa berpuasa dalam
bulan Romadhon,kemudian puasa enam hari dalam bulan syawal seperti puasa sepanjang
masa ( H.R.Muslim )

Puasa syawal ini sebaiknya di laksanakan mulai tanggal 5 s/d 10 syawal, maksudnya memberi kesempatan pada kita untuk menghormati selama merayakan iedifitri,dan disebut halal bi halal dengan pengertian Halal 30 hari romadhon 6 hari lebih halal baru dikatakan Halal bi Halal setelah melaksanakan yang enam hari tersebut.
Puasa di bulan muharam :
Dari Abi Kotadah : Rosululloh saw. telah bersabda : Puasa hari Asyura menghapuskan dosa satu tahun yang telah lalu ( H.R. Muslim )
Tapi disini penulis sendiri telah membuktikan bahwa hadist ini baik tetapi setelah di nyatakan benar tetapi dalam pelaksanaanya lebih baik 10 hari dari tanggal 6 s/d 14 muharram,ini baru terbukti untuk menyatakan anda rajinlah puasa ini setiap muharram terus menerus dan banyak ibadah malam.
Puasa tengah bulan disini pelaksanaany di luar bulan-bulan Romadhon,syawal,zulhijjah,dan muharram.sisa delapan bulan kali tiga hari pada tengah bulan walau berbeda waktunya itu adalah perbedaan.
Dari Abu Zar : Rosululloh saw. bersabda :Hai Abu Zar apabila engkau hendak berpuasa hanya tiga hari dalam satu bulan hendaklah engkau puasa tgl.13-14-15 (HR.Ahmad dan Nasir )
Demikian jika kita rajin melaksanakannya niscaya akan mendapatdengan sendirinyA apa yang kita maksud dan cari selama ini.ITU PASTI KARENA JANJI ALLOH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar